QUOTE OF THE DAY

~"~ Tak perlu mencari alasan ketika berbuat salah. Tetapi akui, perbaiki, dan upayakan untuk tidak mengulangi kesalahan itu lagi~"~

8 Juli 2011

Ubah Gaya Makan Jika Sudah Terdeteksi Diabetes

Beberapa orang kadang merasa bingung ketika didiagnosis diabetes. Tapi studi menemukan bahwa perubahan pola makan bisa memberikan manfaat yang besar dalam 1 tahun pertama setelah seseorang didiagnosis diabetes.

Peneliti Inggris menemukan bahwa pasien yang didorong untuk menurunkan berat badan dengan memodifikasi pola makan melalui bantuan ahli gizi bisa memiliki perbaikan dalam mengontrol gula darah (glikemik), penurunan berat badan, kolesterol dan trigliserida.


Manfaat yang didapatkan seseorang dari perubahan pola makan ini sama dengan orang yang melakukan diet dan aktivitas fisik secara teratur seperti berjalan cepat selama 30 menit selama 5 kali dalam seminggu.

Kedua kelompok ini diketahui memiliki tingkat pengendalian gula darah, kolesterol dan trigliserida sekitar 10 persen, serta penurunan berat badan sekitar 4 persen sehingga menunda penggunaan obat diabetes.

"Penelitian ini memberitahu kita bahwa dalam 1 tahun pertama setelah didiagnosis diabetes, seseorang harus fokus untuk mendapatkan pola diet yang benar," ujar ketua peneliti Rob Andrews, dosen senior di University of Bristol, seperti dikutip dariHealthDay, Senin (27/6/2011).

Andrews menuturkan pada tahap awal umumnya kontrol gula darah belum membaik, karena orang cenderung melakukan perubahan secara cepat lalu tetap sama selama beberapa saat. Padahal yang sebaiknya dilakukan adalah perubahan secara bertahap yang semakin lama semakin meningkat.

Studi berikutnya menemukan bahwa pengobatan yang intensif dari diabetes tipe 2 bisa menurunkan faktor risiko penyakit kardiovaskular. Perawatan intensif ini termasuk perubahan gaya hidup (berhenti merokok, pola makan sehat, lebih banyak aktivitas fisik), kontrol secara teratur untuk tekanan darah, gula darah dan kolesterol serta pengobatan yang intensif.

Untuk itu jika seseorang sudah didiagnosis diabetes terutama tipe 2, maka hal pertama yang sebaiknya dilakukan dalam 1 tahun pertama adalah mengubah pola makan. Setelah itu bisa diikuti dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur.

[detikhealth]

0 komentar:

Posting Komentar

Related Post

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...